Minggu, 23 Januari 2011

soal UPK adm. perkantoran ( PAKET 1 )

 
 
 
UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 20
SOAL UJIAN PRAKTIK KEJURUAN
10/2011
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian :
Administrasi PerkantoranKode : 604518 jam
Bentuk Soal : Penugasan Perorangan
 
 
1. Anda adalah sebagai staf administrasi di Bagian Kepegawaian PT. Pesona Makmur, Jalan Raya Merdeka No. 25A, Jakarta Timur, Telp. (021) 88321112 Fax. (021) 88321113, email : pesonamakmur@yahoo.co.id
2. Pimpinan anda bernama Bapak Denny Adya, SH. Beliau menjabat sebagai Manager Kepegawaian
3. Dokumen soal ujian praktik ini terdiri dari 7 pekerjaan, yaitu:
1. Mengetik Kecepatan
2. Membuat Surat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
3. Menangani Arsip
4. Mengelola Kas Kecil
5. Mencari Informasi lewat Internet
6. Menangani Telepon
7. Melakukan Presentasi
4. Sebelum mengerjakan tugas, bacalah setiap item tugas dengan cermat dan teliti
5. Periksa seluruh kelengkapan soal pada setiap tugas, jika tidak lengkap segeralah melapor kepada pengawas ujian
6. Kerjakan tugas yang paling mudah terlebih dahulu
7. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan nomor ujian pada setiap hasil pekerjaan
8. Periksa kembali hasil pekerjaan sebelum menyerahkan kepada pengawas ujian
 
ii. Keselamatan Kerja
1. Perhatikan unsur-unsur keselamatan kerja selama anda mengerjakan soal ujian praktik ini.
2. Laporkan jika terdapat kerusakan atau hal lain yang terjadi di luar semestinya kepada pengawas ujian
 
III. DAFTAR PERALATAN, KOMPONEN, DAN BAHAN

No.
Nama
Alat/Komponen/Bahan
Spesifikasi
Jumlah
Keterangan
1
2
3
4
5
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
Alat Tes /Alat tangan
Komputer
Printer
Internet
Perforator
Stapler
LCD
Kalkulator
Telepon
Gunting
Pentium 4
Standar
Jaringan Cepat
 
Disesuaikan
Disesuaikan
Jaringan
Disesuaikan
Disesuaikan
1
Disesuaikan
Disesuaikan
Disesuaikan
1.
 
 
2
.
 
 
 
3.
4.
Komponen
Map Snelhecter
 
 
Guide
 
 
 Kalender MejaATK
Ukuran A 4
3
 
 
12
 
 
 
1 / siswa
disesuaikan
2 untuk Arsip dan 1 untuk Kas Kecil
10 guide untuk arsip dan 2 guide untuk kas kecil
 
1.
 
2.
3.
 
4.
 
5.
 
6.
 
7.
8.
9.
10.
Bahan
 AmplopForm Buku Agenda Surat MasukForm Buku Agenda Surat KeluarForm Bukti Penerimaan Kas KecilForm Bukti Pengeluaran Kas Kecil
Form Laporan Kas Kecil
Lembar Pesan Telepon
Block Note
Amplop Persegi Panjang
Kertas HVS
 
A4
 
Persegi panjang
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
5 lembar
 
2 buah
1 lembar
 
1 lembar
 
1
 
12
 
1
1
1
2
Untuk setiap siswa
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Untuk membuat surat

 
V. SOAL/TUGAS
TUGAS 1 : MENGETIK KECEPATAN

1. Petunjuk Pengerjaan
2. Bahan dan Alat
3. Hasil yang diharapkan
Mengetik Kecepatana. Siapkan komputer dengan program MS. Word atau dapat juga menggunakan mesin ketik manual
b. Siapkan naskah pada lokasi yang tepat
c. Ketiklah menurut perintah penguji
d. Cetak bila telah selesai
a. Komputer
b. Printer
c. Kertas HVS A4
a. Kecepatan mengetik mencapai 150 epm
b. Ketelitian mencapai 95 %
 
 
Soal Tik Kecepatan
KECELAKAAN AKIBAT KERJA
dapat dicegah, asal kita cukup kemauan untuk mencegahnya. Oleh karena itu pula sebab-sebab kecelakaan harus diteliti dan ditemukan, agar untuk selanjutnya dengan usaha-usaha koreksi yang ditujukan kepada sebab itu kecelakaan dapat dicegah dan tidak terulang kembali. terjadinya kecelakaan akibat kerja. Memang ada orang-orang yang bersifat sembrono, asal saja, semaunya, terlalu lambat, masa bodoh dan lain-lain, sehingga mereka itu mempunyai kecenderungan untuk celaka. Seorang pekerja yang terlalu lamban tidak sesuai untuk pekerjaan yang memerlukan kegesitan, hingga akhir ia celaka. Namun juga tergesa-gesa, pekerja demikian ada kemungkinan terjatuh atau kelindas kendaraan. TUGAS Bidang Studi Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Mata Uji
2 : MEMBUAT SURAT BAHASA INDONESIA dan BAHASA INGGRIS
1. Petunjuk Pengerjaan
2. Bahan dan Alat
3. Hasil yang diharapkan
a. Anda diminta untuk membuat surat
English Correspondence
Instruction :
: Membuat Surat Bahasa Indenesiadalam bahasa Indonesia yaitu surat permohonan mengikuti kegiatan diklat kepemimpinan bagi 10 orang pegawai kepada PT. Ghalia Training, Jl. Letjen. Suprapto No. 34, Jakarta Pusat
Surat diketik dalam bentuk Semi Block Style, dan dimasukkan ke dalam amplop dengan lipatan accordion fold
b. Anda diminta untuk membuat surat dalam Bahasa Inggris
(English Correspondence)
Baca dan cermati perintahnya
Buatlah suratnya dalam bentuk Block Style
c. Jangan lupa untuk menuliskan alamat luar pada amplop
, masukkan ke amplop menggunakan lipatan paralel double folda. Komputer
b. Printer
c. Kertas HVS A4
d. Amplop Persegi Panjang
a. S
b. Bentuk surat
urat dibuat dengan jelas, informatif dan rapi dan lipatan benar sesuai dengan perintah 
 
s letter in Block Style Denny Adya, SH malia comes to office for recruitment  
 
 
 
 
TUGAS 3 : MENANGANI ARSIP
 1. Petunjuk Pengerjaan
2. Bahan dan Alat
3. Hasil yang diharapkan
10 surat masuk dan surat keluarb. Telitilah surat-surat tersebut untuk proses pencatatan
c. Catatlah surat-surat tersebut ke dalam format Buku Agenda yang telah disediakan
d. Setelah dicatat dalam buku agenda selanjutnya simpanlah surat-surat tersebut dalam map snelhecter dengan menggunakan sistem subjek
e. Jangan lupa bubuhkan stempel agenda pada surat masuk
a. Format Buku Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar
b. Map Snelhecter dengan 5 lembar guide/tab
c. Perforator
d. Stapler
e. ATK
a. Semua surat tercatat dalam buku agenda dengan lengkap, benar dan rapib. Surat-surat tersimpan dalam map snelhecter dengan benar dan rapi sesuai dengan sistem subjek
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 PT. PESONA MAKMURJl. Raya Merdeka, No. 25A Telp. 021- 88321112Jakarta
Timur
 
SURAT PERINTAH
1/PRT/I/10
 
MEMERINTAHKAN
Kepada : Sdr. Ir. Dimas Nugroho ( Staff IT)
Untuk :
Dasar : Dalam rangka mempertinggi kemampuan untuk mencapai produktivitas da
n efisiensi kerja yang sebesar-besarnya, maka karyawan perlu mengikuti pendidikan dan latihan di Bandung.
Perintah ini agar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
 
Dikeluarkan di Jakarta
Pada Tanggal
4. Terhitung tanggal 1
0 sampai 14 Januari 2011, untuk melaksanakan pendidikan dan latihan tentang kepemimpinan di Hotel Garuda, Bandung
5. Melaporkan hasil pelaksanaan perintah ini kepada Bagian Kepegawaian
 
3 Januari 2011
Kepala Bagian Kepegawaian
 
 
 
Denny Adya, SH
 
 
 
 
Jakarta
, 7 Januari 2011
Kepada
Yth. Kepala Kepegawaian PT.
Pesona Makmur
Jl. Raya
Merdeka No. 25A
Jakarta
Timur
 
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini saya :
Nama : Amalia
Tempat Tanggal Lahir :
Alamat :
Jakarta Selatan
Bogor, 9 Oktober 1989Jl. Asem Baris Raya, No. 12
mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
Bersama ini saya lampirkan bukti pendukung, yaitu :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotokopi Ijazah Terakhir
3. Transkip nilai
4. Fotokopi SKCK
5. Fotokopi KTP
6. Pas Foto 3 x 4 = 2 lembar
Demikian surat lamaran ini saya buat, dengan harapan saya dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya berjanji akan bekerja dengan sungguh-sungguh, dan saya yakin dapat bekerja dengan baik sesuai dengan pengetahuan yang saya miliki.
Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
 
Hormat saya,
 
Amalia
 
 
 
 
 
 
Jakarta, 4
Hal : Permohonan Cuti
Januari 2011 
Kepada
Yth. Kepala Kepegawaian PT.
Pesona MakmurJl. Raya Merdeka, No. 25AJakarta Timur 
Dengan hormat,
Berdasarkan surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa saya diperkirakan akan
melahirkan pada tanggal 15 Februari 2010, maka dengan ini saya :
Nama :
Tempat Tanggal Lahir
Jabatan : Staff Ke
Desi Arisandi, SE : Bogor, 5 Agustus 1979pegawaianMengajukan permohonan cuti untuk anak pertama saya selama 3 bulan terhitung mulai tanggal
Adapun tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab saya sudah saya selesaikan.
Demikian permohonan cuti ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak saya ucapkan terima kasih.
 
 
Hormat saya,
 
4 Februari 4 Mei 2011.Desi Arisandi
 
 
 
 
  
 Nomor : 3/DKL/III/
, SE 
 
 
 
DENNYS CONSULTANS
11 10 Januari 2011Lampiran
Perihal : Penawaran Diklat
: 1 paket brosur 
Kepada
Yth. Kepala Kepegawaian PT. Pesona MakmurJl. Raya Merdeka, No. 25AJakarta Timur 
Dengan hormat,
Kami adalah perusahaan yang berpengalaman dalam penyelenggaraan kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan sumber daya manusia. Banyak dari perusahaan yang sudah bekerjasama dan menggunakan jasa kami dalam melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi para pegawai.
Kami juga ingin menawarkan kerjasama kepada Saudara dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi pegawai. Kepuasan Saudara adalah tujuan kami dalam bekerja. Dalam bekerja kami memiliki tenaga-tenaga yang ahli dan berpengalaman dalam bidangnya seperti sebagai pelaksana out bond, motivator, perencana dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya dapat Saudara lihat pada paket penawaran kami di Brosur yang dilampirkan bersama surat ini.
Demikian penawaran dari kami. Kami berharap kita dapat setuju untuk melakukan kerjasama ini, dan saya yakinkan kembali bahwa Saudara akan mendapatkan pelayanan dari kami yang sangat memuaskan.
Atas perhatian Saudara kami ucapkan terrima kasih, dan balasan secepatnya dari surat ini sangat kami harapkan.
 
 
Hormat kami,
Divisi Diklat
 
Manager
Ghina Ari Putri, SEPESONA MAKMURJl. Raya Merdeka, No. 25A Telp. 021- 88321112Jakarta
Timur14 Januari 2011Nomor : 02/D/I/11Lampiran : -
Hal : Diklat Pegawai
 
Kepada
Yth. Manager Divisi Diklat
DENNYS CONSULTANS
Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 25 No. 3
Jakarta Selatan
Dengan hormat,
Setelah membaca surat Saudara pada dasarnya kami tertarik untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan Saudara. Namun kami ingin sebelum kerjasama ini kita lakukan, kiranya kita dapat bertemu terlebih dahulu untuk membicarakan lebih lanjut bagaimana bentuk kerjasama yang akan kita lakukan.
Untuk itu kami ingin Saudara dapat datang ke kantor kami, pada :
Hari : Kamis, 1
7 Januari 2011
Waktu : 10.00 WIB
Tempat : R. Kabag. Kepegawaian Lt. 2
Demikian surat ini kami sampaikan, semoga Saudara berkenan hadir dan kita dapat meningkatkan pertemuan nanti dalam bentuk kerjasama yang lebih erat lagi.
Atas perhatian Saudar kami ucapkan terima kasih.
 
Hormat kami,
Kepala Bagian Kepegawaian
 
Denny Adya, SH
Jakarta, 1
7 Januari 2011
 
Kepada
Yth. Kepala Bagian Kepegawaian
PT.
Pesona Makmur
Jl. Raya
Merdeka, No. 25A
Jakarta
Timur
Dengan hormat,
Sehubungan dengan pindah tugasnya suami saya ke Surabaya maka dengan ini saya :
Nama :
Dini Ariyani
Jabatan : Staf K
epegawaian
Alamat :
Cibubur, Jakarta Timur
Griya Indah Lestari
Mengajukan mutasi untuk pindah ke kantor cabang Surabaya. Jika saya diizinkan untuk mutasi ke sana, saya berjanji untuk dapat bekerja dengan baik secara profesional sesuai dengan tugas dan tanggung jawab saya.
Saya berharap permohonan mutasi ini dapat Bapak terima.
Demikian permohonan ini saya sampaikan, dan atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terima kasih.
 
Hormat saya,
 
Di
ni Ariyani
 
 
 
 
 
 
 
 
 
PESONA MAKMURJl. Raya Merdeka, No. 25A Telp. 021- 88321112Jakarta
Timur
17
Januari 2011
Nomor :
03/M/I/11
Lampiran : -
Hal : Mutasi
 
Kepada
Yth. Dian Arinda Yani
Staf Ke
pegawaian
 
Dengan hormat,
Surat permohonan Saudara sudah kami terima, dan kami sangat memahami keingingan Saudara tersebut. Kami juga sudah berkoordinasi dengan kepala kantor cabang yang ada di Surabaya untuk penempatan Saudara.
Setelah kami berkoordinasi dengan memperhatikan beberapa pertimbangan yang relevan, maka dengan ini permohonan mutasi Saudara dapat kami terima. Sambil menunggu pengurusan mutasi Saudara, kami harap Saudara dapat bekerja seperti biasa dengan sebaik-baiknya untuk menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab Saudara.
Kami berharap Saudara akan bekerja dengan baik juga di tempat yang baru nanti.
Terima kasih atas perhatian Saudara.
 
Hormat kami,
Kepala Bagian Kepegawaian
 
Denny Adya, SH
 
 
 
 
Bogor
, 10 Januari 2011
Kepada
Yth. Kepala
PT.
Bagian Kepegawaian Pesona Makmur
Jl. Raya
Merdeka No. 25A
Jakarta
Timur
 
Dengan hormat,
 
Yang bertanda tangan di bawah ini saya :
Nama :
Doni Atmaja
Tempat Tanggal Lahir :
Bogor, 9 Oktober 1985
Alamat :
Bogor
Jl. Agung Raya, No. 40
mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
Saya berpengalaman kerja selama 5 tahun. Dapat mengetik 10 jari, dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris lisan dan tulisan, dapat mengoperasikan komputer dan bersedia bekerja keras.
Bersama ini saya lampirkan bukti pendukung, yaitu :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotokopi Ijazah Terakhir
3. Transkip nilai
4. Fotokopi SKCK
5. Fotokopi KTP
6. Pas Foto 3 x 4 =
Demikian surat lamaran ini saya buat, dengan harapan saya dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
1 lembar
Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
 
Hormat saya,
 
Doni Atmaja
PESONA MAKMURJl. Raya Merdeka, No. 25A Telp. 021- 88321112Jakarta
Timur
20 Januari
2011
Nomor :
04/R/I/11
Lampiran : -
Hal : Lamaran
 
Kepada
Yth. Doni
Atmaja
Jl.
Bogor
Dermaga Indah, No. 3
 
Dengan hormat,
Surat Lamaran Saudara sudah kami terima dengan baik. Kami mengucapkan terima kasih atas keinginan Saudara untuk bekerja di perusahaan kami.
Sehubungan dengan itu maka dengan ini kami beritahukan kepada Saudara bahwa setelah kami analisa tentang data kepegawaian perusahaan kami ternyata saat ini kebutuhan pegawai untuk perusahaan masih cukup.
Namun demikian, jika nanti perusahaan memerlukan tambahan pegawai kami akan mempertimbangkan lamaran Saudara. Untuk itu surat lamaran Saudara tidak kami kembalikan karena menjadi arsip kami untuk pertimbangan selanjutnya.
Demikian jawaban atas surat lamaran Saudara. Kami berharap Saudara segera mendapat kesempatan untuk bekerja.
Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.
 
Hormat kami,
Kepala Bagian Kepegawaian
 
Denny Adya, SH
PT. PESONA MAKMURJl. Raya Merdeka, No. 25A Telp. 021- 88321112Jakarta
Timur
23 Januari
2011
Nomor :
05/R/I/11
Lampiran : -
Hal :
Mutasi
 
Kepada
Yth.
Kepala Kantor Cabang Surabaya
PT. Pesona Makmur
Bapak Agus Prasetyo, SE
 
Dengan hormat,
Dengan ini diberitahukan bahwa terhitung mulai tanggal 3 Maret 2011, ada beberapa karyawan yang akan mutasi dari kantor pusat di Jakarta untuk penempatan kantor cabang Surabaya.
Adapun Karyawan yang akan di mutasi tersebut adalah :
1. Indah Pertiwi NIK. 2879
2. Gunawan Prakoso NIK. 3233
3. Sukma Indriyani NIK. 3211
Demikianlah pemberitahuan ini disampaikan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.
 
Hormat kami,
Kepala Bagian Kepegawaian
 
Denny Adya, SH
 
 
 
TUGAS

TUGAS
Bidang Studi Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Mata Uji : Internet
Bidang Studi Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Mata Uji
4 : MENGELOLA KAS KECIL: Mengelola Kas Kecil  1. Petunjuk Pengerjaan
b. Pengelolaan dana kas kecil menggunakan sistem imprest
c. Pada tanggal 31 Januari 2010 saldo kas kecil Rp.
d. Tanggal 1 Februari 2011 pengisian dana kas kecil sebesar Rp. 4.550.000
e. Selama periode 1 – 28 Februari 2011 terjadi beberapa pengeluaran kas kecil sebagai berikut :
1. Tanggal 2 Februari membayar langganan harian Kompas sebesar Rp. 75.000
2. Tanggal 3 Februari membeli ATK di Toko Buku Sentosa sebesar Rp. 225.000
3. Tanggal 4 Februari membeli snack di Elly Bakery untuk tamu sebesar Rp. 55.000
4. Tanggal 7 Februari membeli materai 10 lembar @ 6.000
5. Tanggal 9 Februari membayar ongkos taksi Blue Bird sebesar Rp. 100.000 untuk transport ke kantor Depnaker
6. Tanggal 11 Februari membeli Nasi Box untuk tamu sebanyak 10 box @ Rp. 15.000
7. Tanggal 15 Februari membayar TV Berlangganan sebesar Rp. 150.000
8. Tanggal 17 Februari membeli tiket pesawat untuk perjalanan dinas tujuan Surabaya pp sebesar Rp. 2.000.000
9. Tanggal 21 Februari mengeluarkan biaya untuk fotokopi sebesar Rp. 62.500
10. Tanggal 24 Februari membeli parcel buah untuk relasi sebesar Rp. 150.000
11. Tanggal 25 Februari membayar transport antar surat sebesar Rp. 50.000
12. Tanggal 28 Februari membeli tiket KA Parahyangan tujuan Bandung sebesar Rp. 300.000
f.
g. Buatlah Laporan Pengelolaan Kas Kecil bulan Februari 201
150.000Catatlah transaksi tersebut menggunakan Bukti Penerimaan Kas Kecil dan Bukti Pengeluaran Kas Kecil1
h. Berapakah dana yang perlu ditambahkan untuk mengisi kas kecil bulan Maret 201
i.
 
 
 
1Susunlah bukti-bukti tersebut secara terstruktur dan simpan dalam map snelhecter2. Bahan dan Alat
3. Hasil yang diharapkan
a. Form Bukti Penerimaan dan Pengeluaran Kas Kecil terisi dengan lengkap, benar dan rapi
b. Pembukuan kas Kecil dibuat dengan benar dan rapi
c. Bukti-bukti transaksi tersusun dengan lengkap, terstruktur, benar dan rapi
 
 
2lbr Form Bukti Pengeluaran Kas Kecild.
e. 1 bh map snelhecter
1 lbr Form Pembukuan Kas Kecil dengan 2 guide  
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
5: TUGAS INTERNET
 
1. Petunjuk Pengerjaan
2. Bahan dan Alat
3. Hasil yang diharapkan
a. Komputer
b. Jaringan Internet
a. Anda diminta oleh pimpinan anda untuk mencari informasi di internet tentang pariwisata yang menarik di Pulau Lombok, karena ada relasi dari Jepang yang ingin pergi ke Pulau tersebut.
b. Cetaklah hasil browsing anda di internet dengan menggunakan MS. Word sebanyak 2 halaman
 
c. Kertas A 4 = 2 lembar
a. Hasil browsing dapat tercetak dengan benar dan rapi dan memuat berbagai macam informasi yang dibutuhkan
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
TUGAS
1. Petunjuk Pengerjaan
1. Menerima Panggilan Telepon
a. Saat anda sedang mengerjakan tugas, penguji akan menelpon anda
b. Siapkan Lembar pesan telepon dan hal lain yang diperlukan
2. Melakukan Panggilan Telepon
a. Anda akan dipanggil oleh penguji untuk melakukan kegiatan menelpon
b. Anda diminta untuk menelpon Bapak Kusuma dari PT. Bahtera Putra untuk
2. Bahan dan Alat
3. Hasil yang diharapkan
a. Dapat menerima telepon dengan baik dan benar, dengan sikap dan etika bertelepon yang sesuai dengan standar
b. Dapat melakukan panggilan telepon sesuai dengan aturan dan etika dalam bertelepon dan materi yang disampaikan sesuai dengan permasalahan yang diminta
c. Lembar pesan telepon dapat diisi dengan rapi, dan benar
d. Penggunaan Block Note dilakukan dengan tepat dan isinya sesuai dengan permasalahan yang diminta
 
 
TUGAS
1. Petunjuk Pengerjaan
2. Bahan dan Alat
3. Hasil yang diharapkan
Presentasi dapat dilakukan dengan baik dan menarik, penguasaan materi, penggunaan
bahasa, penampilan, pembuatan slide, etika dan tata cara presentasi dapat dilakukan
dengan baik.
 
 
 
a. Komputer
b. LCD
a. Setelah anda mengerjakan semua tugas yang diberikan, selanjutnya anda akan melakukan kegiatan presentasi. Ada beberapa tema yang akan diujikan dalam kegiatan presentasi. Cara memilih tema berdasarkan instruksi dari penguji, apakah akan di undi atau peserta dapat memilih salah satu dengan bebas.
Adapun tema dari presentasi adalah :
a. Mail Handling
b. Kompetensi
b. Waktu untuk presentasi adalah
c. Peserta uji harus membuat materi presentasi dengan menggunakan power point, max 4 slide
Bidang Studi Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Mata Uji : Presentasi
a. Telepon
b. Lembar Pesan Telepon
c. Block Note
d. Alat tulis
6 : TUGAS MENERIMA dan MELAKUKAN PANGGILAN TELEPON : Menerima dan Melakukan Panggilan Teleponmengundang rapat tentang kegiatan seminar Profesionalisme Kerja
 
 
 
 
 
 
 
 
 
7 : TUGAS PRESENTASI
 
Administrasi Perkantoran
c. Mengatur Kegiatan Rapat Pimpinan
d. Handling Telepon
e. English for Secretary
kurang lebih 7 menit setiap peserta uji
 
 
Bidang Studi Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Mata Uji
 
a. ATK
b. 1 lbr Form Bukti Penerimaan Kas Kecil
c. 1
a. Pimpinan anda melakukan beragam kegiatan yang perlu di danai dengan anggaran Kas Kecil yang anda kelola
 PT.
 PT.
Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 25 No. 3
Jakarta Selatan
 PT.
Nomor : 0
a. Saat ini di meja anda ada
Bidang Studi Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Mata Uji : Mengurus Surat Masuk dan Keluar
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
· To take A·
  
 
Date of the recruitment is 10 days from date of the letter
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Make a reply letter for Amalia
1. Date of the letter is today
2. The part of the letter must be completed
3. Letter is from
4. The aim of Letter
Kecelakaan tidak terjadi kebetulan, melainkan ada sebabnya. Oleh karena itu kecelakaan
Untuk analisa sebab-sebab kecelakaan akibat kerja hanya ada dua golongan penyebab. Golongan pertama adalah faktor mekanis dan lingkungan, yang meliputi segala sesuatu selain manusia. Golongan kedua adalah manusia itu sendiri yang merupakan sebab kecelakaan. Contoh analisa sebagai berikut : seorang pekerja mengalami kecelakaan disebabkan oleh kejatuhan benda tepat mengenai kepalanya, sesungguhnya ia tidak harus mendapat kecelakaan itu, seandainya ia mengikuti petunjuk untuk tidak berjalan di bawah alat angkut barang, jadi sebabnya dalam hal ini adalah faktor manusia.
Faktor mekanis dan lingkungan dapat pula dibagi-bagi menurut keperluan untuk maksud apa. Misalnya di perusahaan-perusahaan sebab-sebab kecelakaan dapat disusun menurut pengolahan bahan, mesin penggerak dan pengangkat, jatuh di lantai dan tertimpa benda jatuh, pemakaian alat-alat atau perkakas yang dipegang dengan tangan, menginjak atau terbentur barang, luka-luka bakar oleh benda pijar, dan pengangkutan.
Kira-kira sepertiga dari kecelakaan-kecelakaan yang menyebabkan kematian dikarenakan jatuh, baik dari tempat yang tinggi, maupun jatuh di tempat yang datar. Accident proneness adalah kenyataan bahwa untuk pekerja-pekerja tertentu terdapat tanda-tanda kecenderungan untuk mengalami kecelakaan-kecelakaan. Disini jelas betapa pentingnya faktor manusia dalam
 
 
Bidang Studi Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Mata Uji :
 
Alokasi Waktu :
I. PETUNJUK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar